Loading...
jiwa

Cegah Bunuh Diri, Dukung Kesehatan Jiwa: Kenali Layanan Healing119.id

07 August 2025

Bunuh diri merupakan salah satu isu kesehatan jiwa yang paling serius dan kompleks. Menurut data WHO, setiap tahun lebih dari 700.000 orang di dunia meninggal karena bunuh diri. Di Indonesia, berbagai faktor seperti tekanan hidup, kesepian, kekerasan, gangguan jiwa, hingga kurangnya akses layanan kesehatan mental menjadi pemicu utama seseorang berpikir untuk mengakhiri hidup.

Perlu dipahami bahwa bunuh diri merupakan perilaku yang dapat dicegah melalui pendekatan yang komprehensif. Salah satu strategi yang terbukti efektif adalah penyediaan layanan intervensi krisis yang mudah diakses, bersifat anonim, dan tanggap terhadap kebutuhan psikologis individu. Layanan ini dapat menjangkau individu dalam kondisi krisis seperti saat mengalami tekanan emosional, keputusasaan, atau kehilangan makna hidup, ini dapat menjadi penyangga psikologis (psychological buffer) yang mencegah transisi ke tindakan bunuh diri. Dukungan yang empatik dan profesional juga menurunkan isolasi serta mendorong individu untuk mencari pertolongan lebih lanjut.

Untuk itu, Kementerian Kesehatan melalui Direktorat Kesehatan Jiwa bekerja sama dengan mitra strategis mengembangkan kembali layanan hotline healing119.id, sebagai upaya Pencegahan Bunuh Diri yang  menyediakan tempat aman untuk berbicara dan mencari bantuan.

Apa Itu Healing119.id?

Healing119.id adalah layanan hotline berbasis digital yang disediakan secara gratis, bertujuan untuk memberikan dukungan psikologis awal kepada masyarakat yang mengalami tekanan psikologis, keputusasaan, pikiran bunuh diri, atau berada dalam situasi krisis psikologis.

Melalui healing119.id, masyarakat dapat terhubung dengan para konselor profesional secara anonim, tanpa harus bertatap muka. Layanan ini juga membuka ruang untuk tindak lanjut dan rujukan ke layanan profesional jika dibutuhkan.

Mengapa Layanan ini disediakan?

  • Sebagai akses cepat dan mudah bagi masyarakat yang membutuhkan bantuan psikologis segera.
  • Untuk mendukung upaya pencegahan bunuh diri sebagai bagian dari upaya kesehatan jiwa.
  • Untuk menjangkau populasi yang sulit mengakses layanan tatap muka, seperti anak muda, pekerja, ibu rumah tangga, atau masyarakat yang memiliki keterbatasan akses terhadap layanan kesehatan jiwa
  • Untuk menormalkan percakapan tentang kesehatan jiwa dan mengurangi stigma terhadap pencarian bantuan.

Bagaimana Cara Mengakses Layanan Healing119.id?

Cukup dengan menggunakan ponsel atau komputer yang terkoneksi internet, masyarakat bisa mengakses layanan melalui:

Ada 2 layanan yang disediakan yaitu panggilan suara atau chat whatsapp.

1. Panggilan suara:

  • Hubungi 119 ekstensi 8 dari ponsel Anda lalu ikuti panduan untuk berbicara dengan konselor
  • Atau mengakses layanan suara dengan  melalui laman www.healing119.id dengan memilih opsi call healing119.id.

2. Chat WhatsApp:

Kunjungi www.healing119.id dan klik tombol WhatsApp di halaman utama


Kapan Layanan Tersedia?

Layanan ini akan beroperasi dari pagi hingga malam hari, dan akan terus diperluas jangkauannya seiring bertambahnya konselor dan relawan yang bergabung.

 Apa yang Diharapkan?

Melalui reaktivasi layanan healing119.id, diharapkan:

  • Masyarakat semakin berani berbicara tentang masalah kesehatan jiwa  yang dihadapi.
  • Masyarakat tahu bahwa mereka tidak sendiri dan bantuan selalu ada.
  • Pemikiran bunuh diri maupun percobaan bunuh diri dapat dicegah.
  • Penanganan kasus bunuh diri bisa dilakukan lebih cepat dan efektif.

Yuk, Mulai Percakapan!

Mencegah bunuh diri adalah tanggung jawab bersama. Dengan memulai percakapan, kita bisa menyelamatkan nyawa. Healing119.id hadir untuk menjadi ruang aman bagi mereka yang mengalami tekanan emosional dan keputusasaan.

Jika kamu atau orang terdekatmu membutuhkan dukungan, jangan ragu akses healing119.id sekarang.

FAQ Klik disini


Bagikan

Ditulis oleh
administrator

Artikel Terkait